Monday 5 June 2017

Makanan yang baik di konsumsi saat di bulan puasa




Asalamuallaikum warohmatullohi wabarokatu
Selamat menunaikan ibadah puasa, kali ini saya ingin share makanan yang baik di bulan puasa agar kita tetap sehat dan semangat menjalankan aktifitas seperti hari hari biasanya meskipun perut kosong karna lagi berpuasa.

Kesehatan mahal harganya, kesehatan adalah hal utama yang harus di perhatikan, karna kalau kita sakit, kita tidak bisa apa apa, makanan apapun terasa gak enak, kecuali cabe ya pedas, hehe. Karena itu kita harus menjaga kesehatan agar di jauhi penyakit yang tidak di inginkan.

Menu makanan untuk sahur yang harus kita makan adalah makanan yang mampu menyediakan energi yang bertahan selama kita berpuasa.

Buah buahan dan sayuran penting untuk di konsumsi bagi kita apa lagi saat kita sedang berpuasa, karena akan membatu mencegah rasa sembelit dan meningkatkan rasa kenyang. Karena buah buahan dan sayuran mengandung vitaman, mineral, dan fitokimia yang sangat penting bagi kesehatan kita.

makanan untuk sahur yang harus kita makan adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih atau nasi merah lebih bagus, dan roti gandum, makanan tersebut membutuhkan waktu lama untuk di cerna, sehingga kita mempunyai energi yang membantu bertahan cukup lama.

Makanan yang mengandung protein juga sangat membantu, seperti daging ayam, ikan dan pruduk susu yang rendah lemak dan tinggi kalsium. dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein akan menjaga kekebalan tubuh dan memperbaiki, membentuk jaringan tubuh kita.

Dan untuk berpuka puasa mengkonsumsi makanan  dari semua makanan utama, buah buahan, dan sayuran ,nasi, daging dan susu. Karena saat kita berbuka puasa adalah dimana waktu kita  mengisi kembali energi yang hilang saat berpuasa.

Jangan lupa makanan yang satu ini yaitu kurma, yang menjadi makanan wajib di bulan suci ramadhan. Kurma merupakan sumber energi yang baik, yang mengandung kalium untuk membantu otot dan saraf supaya berpungsi dengan baik. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kurma karena tinggi akan gula.

Batasi penggunaan minyak, lebih baik di kukus ataupun di panggang untuk menjaga makanan kita tetap sehat. Jika ingin menggunakan minyak pilihlah minyak yang baik seperti minyak kedelai lemak tak jenuh.
Biasakan makan makanan yang baik  agar kita tetap sehat dan puasa kita lancar.
Wasalammualaikum, terima kasih

Senin, 5 juni 2017
Sumber baca      : healthxchange
Oleh                      : Ahmad hidayat

1 comment:

  1. ya gan saya kalau ramadhan jarang makan makanan berminyak , bikin cepat haus kalau menurutku

    ReplyDelete